Resume Matkul topik 10 Manajemen Strategi (Aliansi Strategi Aliansi)

 Resume topik 10 (Strategi aliansi strategi)

Pengertian

            Aliansi Strategik adalah hubungan formal antara dua atau lebih kelompok untuk mencapai satu tujuan yang telah disepakati bersama ataupun memenuhi bisnis kritis tertentu yang dibutuhkan masing-masing organisasi secara independen. Aliansi Strategik biasanya digunakan oleh para pemilik bisnis untuk berkolaborasi dan mengembangkan bisnis mereka sehingga bisnis masing-masing akan menjadi lebih besar dan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Aliansi

            - Kelebihan

  1. Memungkinkan partner untuk konsentrasi pada aktivitas terbaik yang sesuai dengan kapabilitasnya.
  2. Pembelajaran dari partner dan pengembangan kompetensi yang mungkin untuk memperluas akses.
  3. Memperoleh kecukupan sumber daya  dan kompetensi yang sesuai agar organisasi dapat hidup.

- Kekurangan

  1. Asset/milik perusahaan digunakan perusahaan rekan untuk kepentingan perusahaannya sendiri, karena perusahaan tidak menjaga dengan baik.
  2. Ada pihak yang tidak mau tahu tentang masalah operasi padahal efektivitas operasi kegiatan aliansi tergantung pada manajer operasional, yang lebih parah jika CEO tidak mengetahui bagaimana proses operasional  dari suatu aliansi.
  3. Sulit menemukan rekan usaha yang paling sesuai dan dapat dipercaya.

Strategi Aliansi digunakan untuk :

  1. Mengurangi biaya melalui skala ekonomi atau peningkatan pengetahuan.
  2. Meningkatkan akses pada tenologi baru.
  3. Melakukan perbaikan posisi terhadap pesaing memasuki pasar baru.
  4. Mengurangi siklus produk.
  5. Memperbaiki usaha-usaha riset dan perkembangan.
  6. Memperbaiki kualitas.

Proses pembentukan Strategi Aliansi

            - Pengembangan Strategi

            - Penilaian Rekanan

            - Negosiasi Kontrak

            - Operasionalisasi Aliansi

            - Pemutusan Aliansi

Type Strategi Aliansi

            - Join Venture

            - Equity Strategic Alliance

            - Nonequity Strategic Alliance

            - Global Strategic Alliance

Strategi Aliansi tingkat perusahaan meliputi :

            - Aliansi Strategi Diversifikasi

Memungkinkan suatu perusahaan untuk memperluas ke produk atau wilayah pasar baru tanpa melakukan merger atau akuisisi.

            - Aliansi Strategi Sinergistik

Menciptakan ruang lingkup ekonomi bersama antara dua atau lebih perusahaan.

            - Strategi Tanggapan Persaingan

Perusahaan menggabungkan kekuatan untuk merespon tindakan strategik pesaing lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Topik 15 (Evaluasi Strategi)