Matkul Manajemen Strategi Topik 5 (Visi Misi)

 

Resume Topik 5 (Visi Misi)

Pengertian :

-       Misi adalah keseluruhan tigas pokok yang dijabarkan dari tujuan strategi untuk mewujudkan visi organisasi.

-       Visi adalah gambaran kondisi masa depan dari suatu organisasi yang belum tampak sekarang tetapi merupakan konsepsi yang dapat dibaca oleh setiap organisasi.

Visi dan Misi Perusahaan :

1.     Visi dan misi perusahaan

2.     Proses pengembangan visi dan misi perusahaan

3.     Pentingnya pengembangan visi dan misi

4.     Resolusi pandangan yang berbeda

5.     Karakteristik

6.     Orientasi pelanggan

Visi dan misi perusahaan

            Visi dan misi merupakan kerangka kerja praktis untuk mengembangkan pernyataan misi perusahaan yang mencari laba atau nirlaba disajikan dan diuji secara kritis.

Contoh : Microsoft masuk kedalam bisnis Smartphone dengan nokia dan IBM berfokus lebih analisis bisnis.

Proses pengembangan visi dan misi perusahaan

            Pendekatan yang digunakan secara luas adalah, pertama, memilih beberapa contoh pernyataan tentang visi dan misi dan meminta semua manajer untuk membacanya sebagai informasi dasar. Apabila semua manajer memiliki input dan dukungan terhadap dokumen akhir, organisasi dapat dengan mudah memperoleh dukungan manajer formulasi, implementasi, dan aktivitas evaluasi strategi lainnya. Selama proses pengembangan visi dan misi, beberapa organisasi menggunakan kelompok diskusi yang beranggotakan para manajer, untuk mengembangkan dan memodifikasi pernyataan yang ada.

Pentingnya pengembangan visi dan misi

            Pentingnya pengembangan visi dan misi terhadap manajemen strategi yang efektif terdokumentasi dengan baik dalam literatur, walaupun beberapa kali hasil penelitian memiliki pro dan kontra. Rarick dan Vilton menemukan bahwa perusahaan dengan pernyataan visi yang formal memiliki imbal hasil ekuitas pemegang saham rata – rata dua kali lebih besar dibandingkan perusahaan – perusahaan tanpa pernyataan visi formal.

Resolusi pandangan yang berbeda

            Keuntungan mengembangkan pernyataan misi yang komperhensif adalah bahwa pandangan yang berbeda diantara para manajer dapat diungkapkan dan diselesaikan melalui proses. Pernyataan “Apakah bisnis Kita?” dapat mendatangkan kontroversi. Contoh di universitas, pandangan yang berbeda terkait mana yang lebih penting dalam pengajaran, penelitian, dan layanan sering kali diekspresikan selama proses pengembangan pernyataan misi.

Karakteristik

            Pertama, pernyataan misi yang baik memungkinkan dihasilkannya pertimbangan sejumlah tujuan dan strategi tanpa melemahkan kreativitas manajemen. Pernyataan misi Apple computer contohnya : sebaiknya tidak membuka kemungkinan untuk diverifikasikan kedalam bisnis penyediaan pestisida atau motor company kedalam bisnis pemprosesan makanan. Kedua, pernyataan misi perlu bersifat untuk merenkonsiliasi perbedaan secara efektif di antara dan juga menarik bagi pemangku kepentingan organisasi , individu, dan grup individu yang memiliki kepentingan atau klaim terhadap perusahaan contohnya : publik umum khususnya tertarik pada tanggung jawab sosial, sementara pemegang saham lebih tertarik adanya keuntungan.

Orientasi Pelanggan

            Menurut Vern Mc Ginnis pernyataan misi sebaiknya :

       Mendefinasikan apakah organisasi dan apa yang dicita-citakan organisasi

       Cukup terbatas dengan tidak memasukkan beberapa usaha dan cukup luas untuk memungkinkan pertembuhan kreatif

       Membedakan organisasi dari yang lain

       Memberikan kerangka untuk mengevaluasi aktivitas prosektif saat ini

       Dinyatakan dalam istilah yang cukup jelas dipahami secra luas dalam organisasi .

 

 

Nama  : Muhammad Wahyu Indardi

NIM    : 202010200306

Prodi   : Manajemen A3/3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Topik 15 (Evaluasi Strategi)