Matkul Manajemen Strategi Topik 5 (Visi Misi)
Resume Topik 5 (Visi Misi)
Pengertian
:
- Misi
adalah keseluruhan tigas pokok yang dijabarkan dari tujuan strategi untuk mewujudkan
visi organisasi.
- Visi
adalah gambaran kondisi masa depan dari suatu organisasi yang belum tampak
sekarang tetapi merupakan konsepsi yang dapat dibaca oleh setiap organisasi.
Visi dan Misi Perusahaan
:
1. Visi
dan misi perusahaan
2. Proses
pengembangan visi dan misi perusahaan
3. Pentingnya
pengembangan visi dan misi
4. Resolusi
pandangan yang berbeda
5. Karakteristik
6. Orientasi
pelanggan
Visi dan misi perusahaan
Visi
dan misi merupakan kerangka kerja praktis untuk mengembangkan pernyataan misi
perusahaan yang mencari laba atau nirlaba disajikan dan diuji secara kritis.
Contoh : Microsoft masuk kedalam bisnis Smartphone
dengan nokia dan IBM berfokus lebih analisis bisnis.
Proses pengembangan visi dan misi perusahaan
Pendekatan
yang digunakan secara luas adalah, pertama, memilih beberapa contoh pernyataan
tentang visi dan misi dan meminta semua manajer untuk membacanya sebagai
informasi dasar. Apabila semua manajer memiliki input dan dukungan terhadap
dokumen akhir, organisasi dapat dengan mudah memperoleh dukungan manajer
formulasi, implementasi, dan aktivitas evaluasi strategi lainnya. Selama proses
pengembangan visi dan misi, beberapa organisasi menggunakan kelompok diskusi
yang beranggotakan para manajer, untuk mengembangkan dan memodifikasi
pernyataan yang ada.
Pentingnya pengembangan visi dan misi
Pentingnya
pengembangan visi dan misi terhadap manajemen strategi yang efektif
terdokumentasi dengan baik dalam literatur, walaupun beberapa kali hasil
penelitian memiliki pro dan kontra. Rarick dan Vilton menemukan bahwa perusahaan
dengan pernyataan visi yang formal memiliki imbal hasil ekuitas pemegang saham
rata – rata dua kali lebih besar dibandingkan perusahaan – perusahaan tanpa
pernyataan visi formal.
Resolusi pandangan yang berbeda
Keuntungan
mengembangkan pernyataan misi yang komperhensif adalah bahwa pandangan yang
berbeda diantara para manajer dapat diungkapkan dan diselesaikan melalui proses.
Pernyataan “Apakah bisnis Kita?” dapat mendatangkan kontroversi. Contoh di
universitas, pandangan yang berbeda terkait mana yang lebih penting dalam
pengajaran, penelitian, dan layanan sering kali diekspresikan selama proses
pengembangan pernyataan misi.
Karakteristik
Pertama, pernyataan misi yang baik memungkinkan
dihasilkannya pertimbangan sejumlah tujuan dan strategi tanpa melemahkan
kreativitas manajemen. Pernyataan misi Apple computer contohnya : sebaiknya
tidak membuka kemungkinan untuk diverifikasikan kedalam bisnis penyediaan
pestisida atau motor company kedalam bisnis pemprosesan makanan. Kedua, pernyataan
misi perlu bersifat untuk merenkonsiliasi perbedaan secara efektif di antara
dan juga menarik bagi pemangku kepentingan organisasi , individu, dan grup
individu yang memiliki kepentingan atau klaim terhadap perusahaan contohnya :
publik umum khususnya tertarik pada tanggung jawab sosial, sementara pemegang
saham lebih tertarik adanya keuntungan.
Orientasi Pelanggan
Menurut Vern Mc Ginnis pernyataan
misi sebaiknya :
•
Mendefinasikan
apakah organisasi dan apa yang dicita-citakan organisasi
•
Cukup
terbatas dengan tidak memasukkan beberapa usaha dan cukup luas untuk
memungkinkan pertembuhan kreatif
•
Membedakan
organisasi dari yang lain
•
Memberikan
kerangka untuk mengevaluasi aktivitas prosektif saat ini
•
Dinyatakan
dalam istilah yang cukup jelas dipahami secra luas dalam organisasi .
Nama : Muhammad Wahyu Indardi
NIM : 202010200306
Prodi : Manajemen A3/3
Komentar
Posting Komentar