Resume Topik 13 (Kepemimpinan Strategi)

 Resume Topik 13 (Kepemimpinan Strategi)

Pengertian

Implementasi strategik adalah jmlah keseluruhan aktifitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan perencanaan strategis. Implementasi ini juga merupakan wujud dari pelaksanaan perencanaan strategi yang telah dibuat oleh manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pelaksanaan strategi dilakukan oleh setiap orang pada suatu organisasi, baik dari tingkat Manajer dan pada tingkat direktur fungsional (pemasaran, SDM, operasi, dan keuangan), para direktur divisi atau SBU (Strategic Business Unit) akan bekerjasama dengan karyawan untuk mengimplementasin strategi. Setiap manajer operasi harus mampu mengawasi implementasi rencana strategi sampai pada tingkat lini pertama, untuk mendukung hal tersebut maka karyawan harus dilibatkan dalam berbagai proses implementasi.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi (organizational structure) mengacu pada pengaturan formal dan interaksi antara tanggung jawab dan tugas,orang,dan sumber daya dalam suatu organisasi.

Terdapat 5 Struktur Organisasi, yaitu :

1. Struktur organisasi sederhana, struktur di mana terdapat seorang pemilik dan biasanya beberapa karyawan dengan pengaturan dan tugas, tanggung jawab, dan komunikasi yang bersifat sangat informal serta dicapai melalui supervisi secara langsung.

2. Struktur organisasi fungsional, struktur dimana tugas, orang, dan teknologi yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis dibagi menjadi grup-grup “fungsional” yang terpisah (seperti pemasaran, operasi, dan keuangan) dengan prosedur yang semakin formal untuk mengoordinasikan dan mengintegrasikan aktivitas-aktivitasnya untuk menghasilkan produk dan jasa dari bisnis tersebut.

3. Struktur organisasi divisi,  struktur di mana sekelompok unit atau divisi yang relatif otonom diatur oleh suatu kantor pusat korporat, namun setiap divisi operasi memiliki spesialis fungsionalnya masing-masing yang menyediakan produk atau jasa yang berbeda dari divisi lainnya.

4. Struktur organisasi matriks, organisasi matriks adalah struktur di mana personel fungsional dan staf ditugaskan ke suatu bidang fungsional dasar ataupun kepada seorang manajer proyek atau produk.

5. Struktur tim-produk, struktur yang menugaskan para manajer dan spesialis fungsional ke suatu produk, proyek, atau tim proses baru yang diberdayakan untuk membuat keputusan utama mengenai produknya.

Kepemimpinan Organisasi

Proses dan praktik para eksekutif kunci untuk mengarahkan dan menuntun orang-orang dalam suatu organisasi menuju ke arah suatu visi sepanjang waktu serta mengembangkan kepemimpinan masa depan organisasi tersebut dan budaya organisasi.

Pengembangan Kepemimpinan adalah usaha untuk membiasakan para pemimpin masa depan dengan keahlian-keahlian penting bagi perusahaan dan untuk mengembangkan para pemimpin hebat di antara manajer yang diperkerjakan.

Semua manajer menyesuaikan struktur, menciptakan tim, melaksanakan sistem, atau menghasilkan cara-cara untuk mengoordinasikan, menggabungkan, dan membagi informasi apa yang organisasi mereka lakukan dan mungkin lakukan.

Manajer memiliki 7 sumber dan pengaruh :

1. Kekuasaan Posisi

2. Kekuasaan Penghargaan

3. Kekuasaan Informasi

4. Kekuasaan Disiplin

5. Pengaruh Ahli

6. Pengaruh Referensi

7. Pengaruh Teman Sekelompok

● Budaya Organisasi

Budaya organisasi adalah sekelompok asumsi penting (yang seringkali tidak tertulis) yang dipegang oleh suatu anggota-anggota suatu organisasi. Setiap organisasi memiliki budayanya sendiri. Dengan kata lain, budaya organisasi adalah norma perilaku dan nilai-nilai yang dipahami dan diterima oleh semua anggota organisasi dan digunakan sebagai dasar dalam aturan perilaku dalam organisasi tersebut.

Pemimpin dan Budaya dari organisasi yang dipimpinya terkait satu sama lain. Budaya organisasi dapat terlaksana dengan baik, apabila Pemimpin adalah pembawa standar, sang personifikasi, perwujudan tanpa henti dari budaya atau contoh baru dari apa yang seharusnya.

 

Isu-isu Manajemen Dalam Implementasi Strategi Meliputi :

- Tujuan Tahunan

- Sinergi

- Alokasi Sumber Daya

- Mengelola Konflik

- Struktur Organisasi

- Restrukturisasi/perbaikan

- Reward/Incentive/penghargaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Topik 15 (Evaluasi Strategi)