Matkul Manajemen Strategi Topik 9 (Strategi Internasional)

 Resume topik 9 (Strategi Internasional)

Pengertian Strategi Internasional

            Internasional Strategic Management adalah proses perencanaan manajemen komprehensif dan berkelanjutan untuk meurmuskan dan menerapkan strategi yang memungkinkan perusahaan untuk bersaing secara efektif dan secara internasional.

Pengertian Strategi Planning

            Proses pengembangan strategi internasional yang merupakan tanggung jawab eksekutif level atas pada kantor pusat perusahaan dan manjer senior pada anak perusahaan domestik dan luar negeri.

Sumber Daya Bisnis Internasional

            - Efisien Global, Memusatkan produksi di negara yang tenaga kerjanya rendah.

            - Fleksibilitas Multinasional, Bisnis Internasional yang menghadapi tantangan dalam  merespon berbagai macam keadaan lingkungan yang terus berubah.

            - Pembelajaran Seluruh Dunia, Lingkungan perusahaan multinasional  yang begitu beragam juga memberikan kontribusi bagi pembelajaran organisasi.

Komponen Strategi Internasional

- Komponen Unik

Dapat berupa teknologi yang maju, jaringan distribusi yang efisien, praktek organisasi yang hebat atau merek yang terkenal.

-       Lingkup Operasi

Lingkup dapat diartikan sebagai wilayah geografis (seperti negara, wilayah dalam negara &/ sekelompok negara) atau lingkup berfokus pada ceruk (seperti ceruk pasar untuk produk berkualitas).

-       Penggunaan Sumber Daya

Ditentukan menurut lini produk, geografi, atau bisa juga menggunakan keduanya. Bagian dari rencana strategis ini menentukan prioritas relatif bagi sumber perusahaan yang terbatas.

-       Sinergi

Menciptakan situasi tertentu yang secara keseluruhan adalah lebih baik dibandingkan dengan kumpulan dari beberapa bagian.

Langkah – Langkah dalam Menyusun strategi internasional

            - Menyusun Pernyataan Misi

Menentukan nilai, sasaran, dan arah perusahaan. Digunakan sebagai alat komunikasi.

            - Melakukan Analisa SWOT
Melakukan penilaian terhadap lingkungan eksternal dan interna perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan, keleahan, peluang & ancaman yang dihadapi perusahaan.

 

            - Menyusun Sasaran Strategis

Memanfatkan kekuatan dan peluang yang ada yang dilingkungan tempat perusahaan beroperasi.

            - Menyusun Sasaran dan Rencana Taktis

Menyusun cara untuk mencapai sasaran strategi & memberikan pedoman untuk menjalankan aktivitas perusahaan sehari-hari.

            - Menyusun Kerangka Kerja Pengendalian

Merumuskan sistem dan proses manajerial dan organisasional.

Tingkatan dalam strategi Internasional

            1. Strategi Korporat meliputi

-       Binsis Tunggal

-       Diversifikasi yang Berhubungan

-       Diversifikasi yang Tidak Berhubungan

2. Strategi Bisnis

-       Diferensiasi

-       Kepemimpinan Biaya Penuh

-     Fokus

      3. Strategi Fungsional

-       Strategi Keuangan Internasional

-       Strategi Pemasaran

-       Strategi Operasi Internasional

-       Strategi Sumber Daya Manusia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Topik 15 (Evaluasi Strategi)