Matkul Manajemen Strategi Topik 3 (Analisis Lingkungan Eksternal)

 

Resume Topik 3 (Analisis Lingkungan Eksternal)

-       Definisi Analisi lingkungan eksternal

Lingkungan adalah suatu kekuatan, kondisi, keadaan, suatu peristiwa yang saling berhubungan dimana organisasi mempunyai atau tidak mempunyai kemampuan untuk mengendalikannya.

-       Kekuatan eksternal penting

1.     Kekuatan Ekonomi

Faktor ekonomi memeiliki dampak langsung pada daya Tarik potensial berbagai strategi. Contohnya, dengan tingkat bunga, dana yang dibutuhkan untuk ekspansi modal lebih murah.

2.     Kekuatan budaya, sosial, demografi, dan lingkungan.

Perubahan sosial, demografi dan lingkungan memiliki dampak besar yang terlihat dalam semua produk, jasa, pasar dan pelanggan

3.     Kekuatan politik, pemerintah, dan hukum.

Isu politik adalah masalah untuk bisnis, khususnya dalam dunia twitter dan email instan

4.     Kekuatan teknologi.

Internet telah merubah sifat kesempatan dan ancaman dengan mengubah daur hidup produk, meningkatkan kecepatan distribusi, membuat produk dan jasa baru, menghapus pembatasan pasar tradisional geografis.

5.     Kekuatan persaingan

Mengidentifikasi perusahaan pesaing dan menentukan kekuatan, kelemahan, kapabilitas, kesempatan, ancaman, tujuan, dan strategi.

-       Tujuan analisis lingkungan eksternal

1.     Menyediakan kemampuan dalam menggapai masalah-masalah kritis dalam lingkungan bagi manajemen perusahan.

2.     Mengenali masalah-masalah mendesak yang signifikan bagi perusahaan.

3.     Memberikan prioritas terhadap masalah tersebut.

4.     Menyelidiki kondisi masa depan dari lingkungan organisasi dan kemudian mencoba masukkannya kedalam pengambilan keputusan organisasi.

-       Analisis lingkungan Eksternal

1.     Scanning

Usaha untuk memantau, memahami dan menulusuri berbagai kecenderungan dalam lingkungan organisasi.

2.     Monitoring

Hal penting untuk suksesnya suatu monitoring adalah kemampuan untuk mendeteksi arti dari setiap kejadian lingkungan.

3.     Forecasting

Metode untuk melakukan perencanaan dan pengendalian produksi untuk menghadapi ketidakpastian di masa depan.

4.     Assessing

Menentukan saat dan pengaruh perubahan lingkungan serta kecenderungan dalam manajemen strategis suatu perusahaan. Melalui scanning, monitoring dan forecasting.

-       Analisis lingkungan Industri

1.     Ancaman pelaku bisnis baru

2.     Ancaman produk subtitusi

3.     Daya tawar menawar pembeli

4.     Daya tawar menawar pemasok

5.     Tingkat persaingan dalam industry

 

 

Nama  : Muhammad Wahyu Indardi

NIM    : 202010200306

Prodi   : Manajemen A3/3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Topik 15 (Evaluasi Strategi)