Matkul Manajemen Strategi Topik 3 (Analisis Lingkungan Eksternal)
Resume Topik 3 (Analisis Lingkungan Eksternal)
- Definisi
Analisi lingkungan eksternal
Lingkungan adalah suatu kekuatan,
kondisi, keadaan, suatu peristiwa yang saling berhubungan dimana organisasi
mempunyai atau tidak mempunyai kemampuan untuk mengendalikannya.
- Kekuatan
eksternal penting
1. Kekuatan
Ekonomi
Faktor
ekonomi memeiliki dampak langsung pada daya Tarik potensial berbagai strategi. Contohnya,
dengan tingkat bunga, dana yang dibutuhkan untuk ekspansi modal lebih murah.
2. Kekuatan
budaya, sosial, demografi, dan lingkungan.
Perubahan
sosial, demografi dan lingkungan memiliki dampak besar yang terlihat dalam semua
produk, jasa, pasar dan pelanggan
3. Kekuatan
politik, pemerintah, dan hukum.
Isu
politik adalah masalah untuk bisnis, khususnya dalam dunia twitter dan email instan
4. Kekuatan
teknologi.
Internet
telah merubah sifat kesempatan dan ancaman dengan mengubah daur hidup produk,
meningkatkan kecepatan distribusi, membuat produk dan jasa baru, menghapus pembatasan
pasar tradisional geografis.
5. Kekuatan
persaingan
Mengidentifikasi
perusahaan pesaing dan menentukan kekuatan, kelemahan, kapabilitas, kesempatan,
ancaman, tujuan, dan strategi.
- Tujuan
analisis lingkungan eksternal
1. Menyediakan
kemampuan dalam menggapai masalah-masalah kritis dalam lingkungan bagi
manajemen perusahan.
2. Mengenali masalah-masalah mendesak yang signifikan
bagi perusahaan.
3. Memberikan prioritas terhadap masalah tersebut.
4. Menyelidiki kondisi masa depan dari lingkungan
organisasi dan kemudian mencoba masukkannya kedalam pengambilan keputusan
organisasi.
- Analisis
lingkungan Eksternal
1. Scanning
Usaha
untuk memantau, memahami dan menulusuri berbagai kecenderungan dalam lingkungan
organisasi.
2. Monitoring
Hal penting untuk suksesnya
suatu monitoring adalah kemampuan untuk mendeteksi arti dari setiap kejadian
lingkungan.
3. Forecasting
Metode
untuk melakukan perencanaan dan pengendalian produksi untuk menghadapi
ketidakpastian di masa depan.
4. Assessing
Menentukan
saat dan pengaruh perubahan lingkungan serta kecenderungan dalam manajemen
strategis suatu perusahaan. Melalui scanning, monitoring dan forecasting.
- Analisis
lingkungan Industri
1. Ancaman
pelaku bisnis baru
2. Ancaman
produk subtitusi
3. Daya
tawar menawar pembeli
4. Daya
tawar menawar pemasok
5. Tingkat
persaingan dalam industry
Nama : Muhammad
Wahyu Indardi
NIM :
202010200306
Prodi :
Manajemen A3/3
Komentar
Posting Komentar