Matkul Manajemen Strategi Topik 4 (Analisis Lingkungan Internal)

 

Resume topik 4 (Analisis Lingkungan Internal)

Lingkungan internal adalah ligkungan yang berada di dalam perusahaan dan secara normal memiliki implikasi secara langsung terhadap perusahaan tersebut. Pentingnya analisis lingkungan internal adalah upaya untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada sumber daya dan proses bisnis internal dalam perusahaan agar peluang dan ancaman dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

-       Tujuan Analisis lingkungan internal

1.     Mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan perusahaan terhadap para pesaing

2.     Dipergunakan untuk membuat keputusan strategi yang baik

-       Komponen analisis internal

1.     Pemasaran

Fungsi utama pemasaran adalah memindahkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

2.     Keuangan

Fungsi utama keuangan adalah merencanakan keuangan perusahaan secara efektif dan efisien guna keberlangsungan perusahaan.

3.     Sumber daya manusia

Fungsi utama sumber daya manusia adalah karyawan yang berkualitas tinggi, struktur organisasi dan susunan yang efektif, biaya yang rendah, sistem manajemen strategi hubungan yang efektif.

4.     Operasional

Fungsi utama operasional adalah kapasitas untuk memenuhi permintaan pasar, ketersediaan bahan baku yang mencukupi, lokasi, fasilitas dan kantor yang strategis

5.     Organisasi

Fungsi utama organisasi adalah mengenai struktur organisasi citra perusahaan suasana organisasi, kultur dan budaya organisasi

-       Pemahaman analisis lingkungan

1.     Sumber daya manusia

Sumber daya manusia merupakan input internal dari perusahaan

2.     Kompetensi

Kompetensi perusahaan adalah kapasitas perusahaan dalam menggunaan sumber daya yang terintergrasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

3.     Kompetensi inti

Tujuan penerapan strategi yang dapat diciptakan adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas perusahaan dengan tujuan pencapaian daya saing strategi.

-       Faktor Internal

1.     Physical capital

merupakan infrastruktur fisik yang digunakan oleh organisasi, seperti bangunan dan gedung, pabrik, peralatan, dsb. Physical Capital juga terkait dengan berapa banyak aset fisik yang mampu didayagunakan oleh Organisasi untuk mengungguli pesaing-pesaingnya.

2.     Human capital

Meliputi kompetensi SDM, sistem manajemen SDM yang baik, dan karyawan yang produktif.

3.     Financial capital

Merupakan seluruh sumber daya keuangan yang mendukung aktivitas bisnis dan pencapaian sasaran strategis

4.     Organizational capital

Meliputi kapabilitas organisasi secara umum, seperti: budaya organisasi, reputasi perusahaan, sistem pelaporan dan sistem kendali, dsb.

-       Analisis titik impas (Breakeven Analysis)

Karena konsumen bersifat sensitive terhadap harga, banyak perusahaan menurunkan harga jualnya agar dapat bersaing. Saat perusahaan menurunkan harga, titik impas dalam istilah unit penjualan meningkat, point titik impas dapat diidentifiaksikan sebagai kuantitas unit yang harus dijual perusahaan agar pendapatan totalnya sama dengan biaya totalnya.

-       Produksi dan operasi

Fungsi produksi dan operasi dari bisnis terdiri atas semua aktivitas yang mengubah input menjadi barang dan jasa. Manajemen produksi dan operasi terkait dengan input, perubahan, dan keluaran yang bervariasi antar industry dan pasar. Operasi manufaktur mengubah input seperti bahan baku, tenaga kerja, modal, mesin, dan fasilitas menajdi barang dan jasa.

-       Analisis rantai nilai

Mengacu pada proses dimana perusahaan menentukan biaya yang terkait dengan aktivitas organisasi, dari pembelian bahan baku, ke pembuatan produk, hingga peamsaran produk. Bertujuan untuk mengidentifikasi dimana keuntungan atau kerugian berbiaya rendah terjadi dimanapun disepanjang rantai nilai, dari bahan baku ke aktivitas pelayanan pelanggan.

-       Matriks evaluasi faktor internal

Perangkat formulasi strategi ini meringkas serta mengevaluasi kekuatan dan kelemahan utama dalam fungsi – fungsi perusahaan.

 

Nama  : Muhammad Wahyu Indardi

NIM    : 202010200306

Prodi   : Manajemen A3/3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Topik 15 (Evaluasi Strategi)