Matkul Manajemen Strategi Topik 4 (Analisis Lingkungan Internal)
Resume topik 4 (Analisis Lingkungan Internal)
Lingkungan
internal adalah ligkungan yang berada di dalam perusahaan dan secara normal
memiliki implikasi secara langsung terhadap perusahaan tersebut. Pentingnya
analisis lingkungan internal adalah upaya untuk mengidentifikasi kekuatan dan
kelemahan yang terdapat pada sumber daya dan proses bisnis internal dalam
perusahaan agar peluang dan ancaman dapat dimanfaatkan secara efektif dan
efisien sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
- Tujuan
Analisis lingkungan internal
1. Mengidentifikasi
kelemahan dan kekuatan perusahaan terhadap para pesaing
2. Dipergunakan
untuk membuat keputusan strategi yang baik
- Komponen
analisis internal
1. Pemasaran
Fungsi
utama pemasaran adalah memindahkan barang dan jasa dari produsen kepada
konsumen.
2. Keuangan
Fungsi
utama keuangan adalah merencanakan keuangan perusahaan secara efektif dan
efisien guna keberlangsungan perusahaan.
3. Sumber
daya manusia
Fungsi
utama sumber daya manusia adalah karyawan yang berkualitas tinggi, struktur
organisasi dan susunan yang efektif, biaya yang rendah, sistem manajemen
strategi hubungan yang efektif.
4. Operasional
Fungsi
utama operasional adalah kapasitas untuk memenuhi permintaan pasar,
ketersediaan bahan baku yang mencukupi, lokasi, fasilitas dan kantor yang
strategis
5. Organisasi
Fungsi
utama organisasi adalah mengenai struktur organisasi citra perusahaan suasana
organisasi, kultur dan budaya organisasi
- Pemahaman
analisis lingkungan
1. Sumber
daya manusia
Sumber
daya manusia merupakan input internal dari perusahaan
2. Kompetensi
Kompetensi perusahaan
adalah kapasitas perusahaan dalam menggunaan sumber daya yang terintergrasi
untuk mencapai tujuan perusahaan.
3. Kompetensi
inti
Tujuan
penerapan strategi yang dapat diciptakan adalah untuk meningkatkan efisiensi
dan efektifitas perusahaan dengan tujuan pencapaian daya saing strategi.
- Faktor
Internal
1. Physical
capital
merupakan infrastruktur fisik yang digunakan oleh organisasi, seperti bangunan dan gedung, pabrik, peralatan, dsb. Physical Capital juga terkait dengan berapa banyak aset fisik yang mampu didayagunakan oleh Organisasi untuk mengungguli pesaing-pesaingnya.
2. Human
capital
Meliputi
kompetensi SDM, sistem manajemen SDM yang baik, dan karyawan yang produktif.
3. Financial
capital
Merupakan
seluruh sumber daya keuangan yang mendukung aktivitas bisnis dan pencapaian
sasaran strategis
4. Organizational
capital
Meliputi
kapabilitas organisasi secara umum, seperti: budaya organisasi, reputasi
perusahaan, sistem pelaporan dan sistem kendali, dsb.
- Analisis
titik impas (Breakeven Analysis)
Karena konsumen bersifat sensitive terhadap
harga, banyak perusahaan menurunkan harga jualnya agar dapat bersaing. Saat perusahaan
menurunkan harga, titik impas dalam istilah unit penjualan meningkat, point
titik impas dapat diidentifiaksikan sebagai kuantitas unit yang harus dijual
perusahaan agar pendapatan totalnya sama dengan biaya totalnya.
- Produksi
dan operasi
Fungsi produksi dan operasi dari
bisnis terdiri atas semua aktivitas yang mengubah input menjadi barang dan
jasa. Manajemen produksi dan operasi terkait dengan input, perubahan, dan keluaran
yang bervariasi antar industry dan pasar. Operasi manufaktur mengubah input
seperti bahan baku, tenaga kerja, modal, mesin, dan fasilitas menajdi barang
dan jasa.
- Analisis
rantai nilai
Mengacu pada proses dimana perusahaan
menentukan biaya yang terkait dengan aktivitas organisasi, dari pembelian bahan
baku, ke pembuatan produk, hingga peamsaran produk. Bertujuan untuk mengidentifikasi
dimana keuntungan atau kerugian berbiaya rendah terjadi dimanapun disepanjang
rantai nilai, dari bahan baku ke aktivitas pelayanan pelanggan.
- Matriks
evaluasi faktor internal
Perangkat formulasi strategi ini
meringkas serta mengevaluasi kekuatan dan kelemahan utama dalam fungsi – fungsi
perusahaan.
Nama : Muhammad
Wahyu Indardi
NIM :
202010200306
Prodi :
Manajemen A3/3
Komentar
Posting Komentar