Matkul Manajemen Strategi Topik 7 (Persaingan Antar Unit Usaha)
Resume Topik 7 (Persaingan antar unit usaha)
● Keunggulan Kompetitif
Keunggulan Kompetitif
sendiri merupakan strategi bersaing terhadap sesuatu yang dirancang untuk
dieksploitasi untuk suatu organisasi. Keunggulan kompetitif hanya bersifat sementara
sehingga muncul hiperkompetisi yaitu tingkat situasi dengan tingkat kompetisi
yang intensif dan terus menerus meningkat
● Berikut merupakan Teknik Analisa dalam
keunggulan kompetitif
- Analisa Kesenjangan
- Matrix strategi umum
- Matrix grup konsultan boston
- Matrix swot
- Analisa daur kehidupan produk
● Analisa Kesenjangan
Analisa kesenjangan
memberikan suatu mekanisme untuk menyatukan berbagai variasi produk dan bisnis
dalam suatu perusahaan yang memiliki lebih dari satu produk atau bisnis, contohnya
yaitu Lemonilo.
● Langkah – Langkah memperkecil kesenjangan
- Merubah strategi dari satu atau lebih SBU
- Merubah pengalokasian sumber – sumber daya diantara
sbu
- Menambah bisnis baru untuk memperkuat bisnis yang
ada
- Menghapus beberapa sbu yang ada
- Merubah tujuan atau sasaran perusahaan
● Matrix Strategi Umum
Matrix
strategi umum menjadi alat Analisa yang terkenal dalam membuat strategi
alternatif. Prinsipnya adalah memposisikan sbu – sbu kedalam salah satu dari
keempat kuardan yang dibentuk oleh garis horizontal dan vertical
● Analisis Swot
Dalam
proses pembuatan strategi dengan Teknik matrik swot harus dirumuskan terlebih
dahulu mengenai segala hal yang menjadi isu strategik untuk mencapai visi dan
misi perusahaan. Semua stakeholder perusahaan terlibat dalam menentukan faktor
– faktor krisis pada setiap analisis swot.
● Strategi
Bersaing
Setiap organisasi atau perusahaan dibedakan berdasarkan misinya, berorientasi pada laba atau nirlaba. Untuk mencapai sebuah visi yang ingin dibangun maka visi eksternal tertuju pada pangsa pasar dan pelanggan.
● Analisa daur kehidupan produk
Analisa
Daur Kehidupan Produk yang biasanya digunakan untuk membuat strategi pemasaran.
Diperkenalkan pda tahun 1950, mencoba menganalisa suatu produk berdasarkan
perubahan yang terjadi pada tingkat penjualan. Mengatakan bahwa suatu produk
akan melalui suatu siklus kehidupan seperti halnya manusia yaitu kelahiran,
pertumbuhan, dewasa dan masa tua. Kehidupan suatu produk dibagi 4 tahap yaitu
Introduction (perkenalan), Growth (pertumbuhan), Mature (dewasa) dan Decline
(masa menurun).
Berikut merupakan Analisa daur kehidupan produk
-
Tahap perkenalan (Introduction)
Dalam tahap perkenalan, penjualan
dimulai dari nol dan akan meningkat secara perlahan.
-
Tahap Pertumbuhan (Growth)
Dalam tahap pertumbuhan penjualan
akan meningkat secara cepat dan kemudian akan diikuti dengan peningkatan yang
rendah.
-
Tahap Dewasa (Maturity)
Dalam tahap dewasa penjualan mencapai
titik maksimal dan kemudian menurun sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi
kecil.
-
Tahap Menurun (Decline)
Dalam tahap menurun baik penjualan
maupun keuntungan akan turun terus sampai akhirnya produk tersebut ditarik dari
pasar.
Komentar
Posting Komentar