Matkul Manajemen Strategi Topik 7 (Persaingan Antar Unit Usaha)

Resume Topik 7 (Persaingan antar unit usaha)

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan Kompetitif sendiri merupakan strategi bersaing terhadap sesuatu yang dirancang untuk dieksploitasi untuk suatu organisasi. Keunggulan kompetitif hanya bersifat sementara sehingga muncul hiperkompetisi yaitu tingkat situasi dengan tingkat kompetisi yang intensif dan terus menerus meningkat

Berikut merupakan Teknik Analisa dalam keunggulan kompetitif

- Analisa Kesenjangan

- Matrix strategi umum

- Matrix grup konsultan boston

- Matrix swot

- Analisa daur kehidupan produk

Analisa Kesenjangan

Analisa kesenjangan memberikan suatu mekanisme untuk menyatukan berbagai variasi produk dan bisnis dalam suatu perusahaan yang memiliki lebih dari satu produk atau bisnis, contohnya yaitu Lemonilo.

Langkah – Langkah memperkecil kesenjangan

- Merubah strategi dari satu atau lebih SBU

- Merubah pengalokasian sumber – sumber daya diantara sbu

- Menambah bisnis baru untuk memperkuat bisnis yang ada

- Menghapus beberapa sbu yang ada

- Merubah tujuan atau sasaran perusahaan

Matrix Strategi Umum

            Matrix strategi umum menjadi alat Analisa yang terkenal dalam membuat strategi alternatif. Prinsipnya adalah memposisikan sbu – sbu kedalam salah satu dari keempat kuardan yang dibentuk oleh garis horizontal dan vertical

Analisis Swot

            Dalam proses pembuatan strategi dengan Teknik matrik swot harus dirumuskan terlebih dahulu mengenai segala hal yang menjadi isu strategik untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Semua stakeholder perusahaan terlibat dalam menentukan faktor – faktor krisis pada setiap analisis swot.

Strategi Bersaing

            Setiap organisasi atau perusahaan dibedakan berdasarkan misinya, berorientasi pada laba atau nirlaba. Untuk mencapai sebuah visi yang ingin dibangun maka visi eksternal tertuju pada pangsa pasar dan pelanggan.




Analisa daur kehidupan produk

            Analisa Daur Kehidupan Produk yang biasanya digunakan untuk membuat strategi pemasaran. Diperkenalkan pda tahun 1950, mencoba menganalisa suatu produk berdasarkan perubahan yang terjadi pada tingkat penjualan. Mengatakan bahwa suatu produk akan melalui suatu siklus kehidupan seperti halnya manusia yaitu kelahiran, pertumbuhan, dewasa dan masa tua. Kehidupan suatu produk dibagi 4 tahap yaitu Introduction (perkenalan), Growth (pertumbuhan), Mature (dewasa) dan Decline (masa menurun).

Berikut merupakan Analisa daur kehidupan produk

-       Tahap perkenalan (Introduction)

Dalam tahap perkenalan, penjualan dimulai dari nol dan akan meningkat secara perlahan.

-       Tahap Pertumbuhan (Growth)

Dalam tahap pertumbuhan penjualan akan meningkat secara cepat dan kemudian akan diikuti dengan peningkatan yang rendah.

-       Tahap Dewasa (Maturity)

Dalam tahap dewasa penjualan mencapai titik maksimal dan kemudian menurun sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi kecil.

-       Tahap Menurun (Decline)

Dalam tahap menurun baik penjualan maupun keuntungan akan turun terus sampai akhirnya produk tersebut ditarik dari pasar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Topik 15 (Evaluasi Strategi)