Matkul Manajemen Strategi Topik 6 (Formulasi Strategi dan Analisis Giant)
Resume topik 6 (Formulasi Strategi)
Pengertian Formulasi Strategi
Formulasi
strategi atau perumusan strategi (strategy formulation) adalah tugas memilih
strategi yang mendukung terciptanya keunggulan kompetitif. Ini adalah bagian
dari proses manajemen strategis yang menyangkut pilihan strategi dalam hal di
mana dan bagaimana berkompetisi.
Formulasi strategi meliputi :
1. Analisis
lingkungan eksternal
2. Analisis
lingkungan internal
3. Visi
misi perusahaan
4. Strategi
tindakan
5. Analisis
dan pilihan strategi
Tujuan jangka Panjang
Untuk
mempresentasikan hasil yang diharapakan dalam mengikuti strategi tertentu. Tujuan
harus kuantitatif, dapat diukur, realistis, dapat dimengerti, menantang, dapat
diraih, dan selaras antar-unit organisasi.
Tujuan keuangan meliputi :
- Mereka yang berasosiasi dengan pertumbuhan pendapatan
- Pertumbuhan laba
- Dividen yang lebih tinggi
- Margin laba yang besar
- Imbal hasil investasi yang besar
- Laba perlembar saham yang lebih besar
- Meningkatkan harga saham
- Meningkatkan alian kas
Tujuan strategik
meliputi :
- Pangsa pasar yang lebih besar
- Waktu pengiriman yang lebih cepat dan tepat waktu dari pada pesaing
- Waktu rancangan kepasar yang lebih singkat.
- Biaya yang lebih rendah daripada pesaing
- Kualitas produk yang lebih tinggi
- Lingkup geografis yang lebih luas
- Meraih kepemimpinan teknologi
- Secara konsisten mendapatkan produk yang baru/yang
meningkat di pasar.
Strategi Integrasi
Meliputi :
1.
Integrasi
kedepan
Memperoleh
kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas distributor dan peritel.
Contoh
: Paypal mendorong jasanya dari situs hingga toko lewat perjanjian dengan kartu
Discover.
2.
Integrasi
kebelakang
Mencari
kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas pemasok perusahaan.
Contoh
: Fancy Motels Inc. mengakuisi manufaktur furnitur.
3.
Integrasi
Horizontal
Mencari
kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas pesaing.
Contoh
: GlaxoSmithKline PLC Inggris mengakuisi Human Genoe ScienceInc senilai $3
miliar.
Strategi Intensif
meliputi :
1.
Penetrasi
pasar
Market
penetration berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar/market share untuk produk
dan jasa di pasar pada saat ini melalui usaha pemasaran yang lebih besar.
Penetrasi
pasar meliputi : meningkatnya angka tenaga penjual, beban iklan, menawarkan
promosi penjualan.
2.
Pengembangan
pasar
Market
development melibatkan pengenalan produk atau jasa saat ini ke area geografis
yang baru.
3.
Pengembangan
produk
Product
development merupakan strategi yang mencari kenaikan penjualan dengan
meningkatkan atau memodifikasi produk atau jasa, biasanya memerlukan
pengeluaran yang besar untuk penelitian dan pengembangan.
Strategi
Diversifikasi meliputi :
1.
Diversifikasi
terkait
Strategi
pada perusahaan yang ingin mengembangkan perusahaan baru dan memiliki beberapa
bisnis berbeda-beda yang masih terkait dengan perusahaan utama.
2.
Diversifikasi
tak terkait
Strategi
perusahaan memiliki beberapa bisnis yang berbeda-beda tetapi tidak terkait
dengan perusahaan utama.
Strategi Defensif
meliputi :
1.
Pengurangan
Strategi
Retrenchment, ini terjadi ketika suatu organisasi mengelompokkan ulang melalui
pengurangan aset dan biaya untuk membalikkan penjualan dan laba yang menurun.
2.
Divestasi
Strategi
Divestasi, Strategi ini dilakukan dengan menjual satu divisi atau bagaian dari
suatu organisasi yang bertujuan meningkatkan modal untuk akuisisi strategis
atau investasi lebih lanjut.
3.
Likuidasi
Strategi
likuidisi strategi ini dilakukan dengan menjual seluruh aset perusahaan baik
secara terpisah-pisah atau sepotong-potong untuk nilai rillnya.
Analisis titik
impas
Karena konsumen bersifat sensitive
terhadap harga, banyak perusahaan menurunkan harga jualnya agar dapat bersaing.
Saat perusahaan menurunkan harga, titik impas istilah unit penjualan
meningkat,point titik timpas dapat didefinisikan sebagai kuantitas unit yang
harus dijual perusahaan agar pendapatan totalnya sama dengan biaya totalnya.
Analisis rantai
nilai
Mengacu pada proses dimana
perusahaan menentukan biaya yang terakit dengan aktivitas organisasi, dari
pembelian bahan baku, pembuatan produk, hingga pemasaran produk.
Analisis Giant Sidoarjo tutup permanen
Giant Supermarket merupakan brand
besar yang harus menyerah pada keadaan, dan secara resmi akan menutup seluruh gerai
secara bertahap pada juli 2021. Tentu dengan keputusan giant seperti ini banyak
membuat orang merasa dirugikan. Alasan utama mengapa gerai Giant akan tutup
sendiri adalah bahwa pihak perusahaan ingin memfokuskan bisnisnya pada brand
lain yang dimiliki, brand yang dimaksud ialah IKEA, GUARDIAN, dan Hero
Supermarket. yang dinilai memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi
dibandingkan dengan Giant.
|
Kekuatan 1. Lokasi strategis 2. Produk yang
beraneka ragam serta didukung kualitas yang baik. 3. Tingkat keamanan
tinggi 4. Sudah terkenal
luas di masyarakat sebagai supermarket terbesar di Indonesia 5. SDM yang mumpuni,
cepat, cakap dan tanggap. 6. Kebersihan di
lokasi tersebut 7. Penggunaan teknologi
sesuai dengan zaman |
Kelemahan 1. Jobdesk tidak
dilaksanakan dengan semestinya. 2. Prosedur seleksi
dan recruitment kurang jelas dann kurang terstruktur. 3. Jenjang karir
kurang luas. 4.Terkadang proses
checkout konsumen lama. 5. Kurangnya system
pengecekan stock secara berkala. |
Kesempatan 1. Membuka lapangan
pekerjaan baru. 2. Loyalitas konsumen 3. Peningkatan populasi
penduduk 4. Hubungan dengan
pemasok baik 5. Kemajuan teknologi |
Strategi SO 1. Strategi Intensif 2. Strategi
terintegrasi 3. Mengirimkan selembaran
katalog barang ke penduduk setempat. |
Strategi WO 1. Melakukan restrukturisasi 2. Melakukan rekayasa
ulang 3. Melakukan pengecekan
barang secara bertahap 4. Menambah stand kasir
dan meningkatkan pelayanan |
Ancaman 1. Pertumbuhan ekonomi
yang tidak menentu seperti diera pandemic seperti ini 2. Perubahan kebijakan
pemerintah 3. Adanya pendatang
baru 4. Ketatnya persaingan
dalam usaha retail 5. Kekuatan tawar
menawar pembeli |
1. Memonitor secara
dekat dan teliti tentang perkembangan ekonomi untuk memprediksi masa depan 2. Memaksa pesaing
untuk menjadi pengikut |
Strategi WT 1. Memperkenalkan dan
menawarkan produk yang lebih baik lagi sebagai respon terhadap pesaing baru. 2. Menambah sumber
daya dan kapabilitas kompetitif |
Nama : Muhammad Wahyu Indardi
NIM : 202010200306
Prodi : Manajemen A3/3
Komentar
Posting Komentar